Powered by Blogger.

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor - Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menjernihkan air dari sumur bor. Masalah yang umum dialami oleh sumur bor adalah airnya yang berwarna kuning keruh, berbau karat maupun minyak.


Hal ini disebabkan karena air sumur mengandung zat besi (Fe) dan Kadar mangan (Mg) yang terlalu berlebih atau dalam jumlah yang banyak sehingga menimbulkan endapan pada sumur. Penyumbatan pada pipa akan mengakibatkan debit airnya mengecil, banyak perabotan rumah tangga yang bersentuhan dengan air ini menjadi berplak kuning, pakaian yang dicuci warnanya menjadi kusam.

Masalah - masalah ini tentu akan membuat Anda pusing dan akan membuat Anda tidak nyaman menggunakan air tersebut. Air sumur bor yang mengandung zat besi dan mangan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut yaitu airnya berwarna kuning keruh dan biasanya berbau tidak sedap atau seperti bau karat besi.
Terkadang air ini juga berwarna jernih, namun setelah diendapkan maka akan berwarna kuning. Air ini biasanya agak licin, tidak enak rasanya dan bila digunakan untuk mandi akan lengket dan mengakibatkan gatal - gatal di badan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan cara berikut :

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor

1. Aerasi

Kandungan Fe bisa dihilangkan dari air sumur bor dengan cara mengoksidasinya menjadi Fe (OH)3 yang sifatnya tidak akan larut dalam air. Setelah itu dilanjutkan dengan proses pengendapan dan penyaringan. Pengoksidasian ini dilakukan dengan memakai udara aerasi yaitu dengan cara memasukkan udara ke dalam air. Hal ini mengakibatkan kadar besi mengendap ke bawah sehingga kotoran-kotorannya tidak akan menempel di bak penampungan air. Namun bila Anda melakukan cara ini maka Anda harus lumayan sering menguras bak atau toren air (penampungan air) agar kotoran ini tidak terbawa ke pipa instalasi.

2. Sedimentasi

Sedimentasi merupakan proses yang menggunakan gaya gravitasi yang dimanfaatkan untuk mengendapkan partikel - partikel padat yang tersuspensi dalam cairan maupun zat cair. Proses ini akan dapat berjalan dengan maksimal bila air tersebut benar - benar diam seperti contohnya pada danau yang tenang maupun pada wadah tertutup yang membuat air tetap diam.

3. Menggunakan bahan kimia

Untuk menurunkan kadar besi dalam air ini Anda dapat menggunakan bahan kimia seperti Polimer Aluminium Clorid, kaporit, tawas dll. Namun perlu Anda ketahui, penggunaan bahan kimia ini takarannya haruslah sesuai dengan kondisi dan volume air sumur Anda. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu sebelum menggunakan cara ini.

4. Teknik Penyaringan (Filtrasi)

Dari cara-cara sebelumnya, teknik penyaringan atau filtrasi ini merupakan cara yang paling efektif karena telah dibuktikan oleh berbagai riset. Pada zaman modern sekarang ini cara filtrasi inilah yang merupakan cara penjernihan air yang paling efektif dan efisien untuk menjernihkan air.

1 comments: