Powered by Blogger.

Sifat Mekanik Logam

Sifat Mekanik Logam - Sifat mekanik logam merupakan sebuah sifat penting pada logam karena sifat mekanik logam menyatakan kemampuan suatu logam dalam menahan beban atau gaya dari luar namun logam tersebut tidak mengalami kerusakan baik bentuk maupun struktural.


Lantas apa saja sifat mekanik logam tersebut? berikut adalah sifat mekanik logam tersebut :

1. Kekuatan (Strength) [N/mm3, kg/mm2, lb/in2]

Kekuatan ini merupakan kemampuan suatu bahan untuk menerima tegangan tanpa menyebabkan bahan tersebut patah. Kekuatan ada beberapa macam tergantung pada jenis beban yang bekerja, sebagai contohnya adalah kekuatan tarik, tekan, geser, torsi dan kekuatan lengkung.

2. Kekerasan (Hardness) [BHN, VHN, HRc]

Kekerasan adalah kemampuan suatu material untuk menerima penetrasi benda runcing, goresan, kikisan tanpa mengalami deformasi dimana nilai kekerasan / hardness ini dapat diukur menggunakan sebuah alat yaitu alat ukur kekerasan.

3. Kekenyalan (Elasticity) [%]

Kekenyalan merupakan kemampuan suatu logam atau bahan dalam menerima tegangan atau beban tanpa menyebabkan bentuknya berubah atau deformasi.

4. Plastisitas (Plasticity) [%]

Plastisitas merupakan kemampuan bahan untuk mengalami sejumlah deformasi plastis (permanen) dimana bahan tersebut tidak mengalami kerusakan. Mekanisme yang mempunyai plastisitas tinggi disebut dengan material yang ulet (ductile) sedangkan yang rendah disebut dengan material yang getas (brittle).

5. Ketangguhan (Toughness) [kg/mm]

Ketangguhan merupakan kemampuan bahan untuk menyerap energi tanpa menyebabkan bahan tersebut rusak.
6. Kekakuan (stiffness)

Kekakuan adalah kemampuan suatu bahan untuk menerima tegangan atau beban dengan tidak menyebabkan terjadinya perubahan bentuk (deformasi) atau defleksi pada bahan tersebut.

7. Kelelahan (Fatigue) [siklus]

Kelelahan adalah suatu kecenderungan bahan untuk patah bila ia menerima tegangan yang berulang - ulang dimana besarnya jauh dibawah batas kekakuan elastisitas.

8. Mulur (Creep) [siklus]

Mulur merupakan sifat yang menyatakan kecenderungan logam mengalami deformasi plastis dimana besarnya merupakan fungsi waktu saat menerima beban yang besarnya tetap.

0 comments:

Post a Comment