Powered by Blogger.

Pengertian Curah Hujan

Pengertian Curah Hujan - Curah hujan adalah jumlah air hujan yang turun pada daerah tertentu dalam waktu tertentu atau sering disebut juga dengan presipitasi, curah hujan juga dapat disebut dengan air hujan yang terkumpul di suatu tempat datar yang tidak menguap, tidak meresap kedalam air dan tidak mengalir setelah hujan turun.

Pengertian Curah Hujan

Seperti yang kita ketahui bahwa hujan terjadi karena kumpulan penguapan uap air yang menjadi awan dan mencapai titik jenuh hingga akhirnya turun ke bumi dalam bentuk rintik hujan.

Berbicara mengenai curah hujan juga akan berhubungan dengan intensitas hujan dimana intensitas hujan merupakan banyaknya curah hujan dalam satuan waktu tertentu. Hujan lebat terjadi bila intensitas hujan tinggi pada suatu daerah sehingga keduanya akan saling berkaitan. Intensitas hujan juga dapat menjadi dasar dalam memperkirakan dampak hujan seperti banjir, longsor dan efeknya terhadap makhluk hidup.

Besarnya curah hujan ini dapat diukur menggunakan bantuan alat penakar hujan atau rain gauge dan alat pemantau cuaca atau weather station. Rain gauge merupakan alat yang terdiri dari corong dan tabung penampung, sedangkan weather station biasanya menggunakan sensor khusus.

Pengukuran curah hujan sendiri diukur menggunakan skala milimeter (mm) atau centimeter (cm) dan hasil pengukuran tersebut akan didapatkan beberapa data yang kemudian diolah menjadi tiga jenis hasil pengukuran seperti berikut ini :
  • Jumlah curah hujan harian : yaitu hasil pengukuran hujan selama 24 jam atau satu hari
  • Jumlah curah hujan bulanan : yaitu jumlah total curah hujan harian dalam 1 bulan
  • Jumlah curah hujan tahunan : yaitu jumlah total curah hujan harian selama 12 bulan atau 1 tahun

Hujan sendiri merupakan proses yang terjadi karena adanya siklus air atau siklus hidrologi atau lebih tepatnya disebut dengan siklus hidrologi sedang yang prosesnya adalah sebagai berikut :

Bumi yang terkena sinar matahari dan energi pada sinar matahari mengakibatkan terjadinya evaporasi (penguapan) di berbagai badan air seperti lautan, samudera, danau, sungai dan sumber air lainnya. Proses penguapan tersebut akan menghasilkan uap air yang akan naik ke atmosfer.

Uap air yang baik pada ketinggian tertentu dan mengalami peristiwa yang disebut kondensasi (pengkristalan butir - butir air) dimana peristiwa kondensasi ini disebabkan oleh suhu sekitar uap air yang lebih rendah dari pada titik embun uap air.

Uap air tersebut akan terkumpul dan terbawa oleh angin sehingga akan menyebabkan awan akan saling berkumpul. Bila awan tersebut sudah berkumpul terlalu banyak dan mencapai titik jenuh maka akan turun menjadi rintik hujan.

0 comments:

Post a Comment